UKM STIT Al Hikmah Ciptakan Robot Tong Sampah Pintar

Lampungjaya.NET, Way Kanan – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotic Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Hikmah Way Kanan berhasil membuat tong sampah pintar.

Esoniman Ketua UKM Robotic STIT Al hikmah mengatakan bahwa keunggulan tong sampah ini adalah dapat membuka dan menutup secara otomatis layaknya robot.

“Ide awalnya memang meniru cara kerja robot. Sistem otomatis ini akan lebih menarik bagi anak-anak,” kata Soni saat ditemui di kampus STIT Al Hikmah Minggu (7/7). Soni menjelaskan cara kerja tong sampah pintar ini memanfaatkan sensor pir yang mampu mendeteksi suhu tubuh manusia.

Untuk memfungsikannya, tangan diletakkan diatas tutup sampah dan otomatis akan terbuka. “Selang 10 detik, tong sampah ini akan menutup sendiri. Jarak tangan dengan sensor, maksimal hanya satu meter. Sebenarnya bisa lebih dari itu. Tapi harus menggunakan sensor yang harganya lebih mahal lagi,” lanjutnya.

Soni mahasiswa Program Studi Manajemen Pedidikan Islam ini mengaku, dengan inovasinya ini mampu memancing ketertarikan anak untuk rajin membuang sampah pada tempatnya. Sebab, membuang sampah akan terasa seperti bermain. “Di rumah, sampah sekecil apapun pasti tidak akan luput dari adik saya untuk dibuang ke tempat sampah,” tutur dia.

Selain fungsinya yang unik, Soni juga mendesain tong sampah lebih menarik dengan tambahan gambar doraemon dan kerlap-kerlip lampu spiral. Sistem operasi tong sampah ini, lanjut dia, menggunakan metode arduino uno yang memanfaatkan beberapa komponen. Di antaranya motor servo, potensio, resistor, transistor dan LCD.

Soni yang pernah juara I MTQ OKU Timur Cabang Tilawah tahun 2013 tersebut mengaku bahwa dirinya mengalami sejumlah kesulitan dalam proses pembuatan. Di antaranya ialah mengatur sistem arduino uno sebagai otaknya. Selain itu, menata rancangan yang umumnya menggunakan komponen mikro cukup menyulitkan dalam penyambungan.

“Sempat beberapa kali gagal. Tapi bersyukur akhirnya bisa berhasil optimal,” tuturnya

Selain tong sampah pintar, UKM Robotic STIT Al Hikmah juga telah membuat lampu otomatis dan kemanan kendaraan dengan menggunakan ponsel. (Red)