Umar Ahmad Resmi dilantik Menjadi Ketua DPD HKTI Provinsi Lampung

Lampungjaya.news, Tuba Barat – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPD HKTI) Provinsi Lampung terpilih, Umar Ahmad, S.P. menghadiri acara Pelantikan DPD HKTI di Ballroom Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (8/10/2021).

Pelantikan tersebut dilakukan bersamaan dengan tiga DPD lainnya yaitu DPD Jawa Timur, DPD Kalimantan Tengah dan DPD Sulawesi Selatan.Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HKTI melantik kepengurusan DPD HKTI Provinsi Lampung diantaranya yaitu Umar Ahmad, S.P. sebagai Ketua, drh. Nanang Purus Suhendro sebagai Ketua Harian, R. Prabawa, S.E. sebagai Sekretaris dan Reynilda Dian Kusuma, S.E. sebagai Bendahara.

Dalam sambutan perkenalannya, Umar Ahmad secara langsung menyampaikan undangan kepada Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P. untuk dapat menghadiri Pelantikan Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di kemudian hari.

“Kami mengharapkan kehadiran Ketua Umum agar dapat merasakan (secara) langsung atmosfer pertanian di Provinsi Lampung, karena memang banyak sekali komoditas-komoditas yang menjadi (peringkat) tiga besar nasional mulai dari padi, kopi dan singkong yang menjadi komoditas unggulan di Provinsi lampung.”, ujar Umar Ahmad.

Umar Ahmad menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya untuk dapat menjalankan roda organisasi di Provinsi Lampung dan dalam waktu dekat akan segera menyelesaikan agenda konsolidasi organisasi mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga ke tingkat Desa.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Umum HKTI menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua DPD yang baru saja dilantik. Moeldoko berpesan bahwa agar dapat tetap hidup dan berkembang, sebuah organisasi harus bersifat responsif terhadap lingkungan.

“Organisasi itu bersifat dinamis, harus responsif dan adaptif terhadap lingkungan yang dihadapi. Maka dari itu kepengurusan harus turun ke lapangan, harus tahu apa itu persoalan para petani kita dan pertanian di Indonesia, dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana solusi terhadap masalah tersebut.”, tambah Moeldoko.

Berikutnya Moeldoko berharap kepengurusan HKTI dapat diisi oleh orang-orang yang profesional. Ia juga menyampaikan harapannya bagi Ketua DPD yang baru untuk dapat membantu dan memfasilitasi masyarakat petani dalam hal permodalan atau Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selain itu, penggunaan teknologi digital juga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana yang efektif dalam mengembangkan dunia pertanian dan juga dalam mengelola organisasi.(ADV)