Wakil Bupati Drs.Mad Hasnurin Ikuti Kegiatan Launching dan Penandatanganan Komitmen Bersama Desa Model Ramah Perempuan dan Peduli Anak Serta Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting Se-Provinsi Lampung

Lampungjaya.news, Liwa – Wakil Bupati Lampung Barat Drs. mad Hasnurin mengikuti kegiatan Launching dan Penandatanganan Komitmen Bersama Desa Model Ramah Perempuan dan Peduli Anak Serta Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting Provinsi Lampung, secara virtual, bertempat di Aula Kagungan Setdakab. Lampung Barat, Selasa (26/04/2022).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Asisten Wasisno Sembiring SE, Kepala Bappeda Ir. Agustanto Basmar, Plt. kepala Dinas PPKBPPPA M.Danang Harisuseno S. Ag.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat juga melakukan penandatanganan komitmen bersama penetapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Serta Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stanting Provinsi Lampung yang dilakukan oleh Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin., ketua TP-PK Partinia Parosil Mabsus.

Kegiatan Komitmen bersama penetapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Serta Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting Provinsi Lampung tersebut diikuti 15 Kabupaten/kota yang terdapat di Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Qudrotul Ikhwan mengatakan, desa peduli anak merupakan model desa yang dikembangkan oleh kementrian perlindungan perempuan dan peduli anak bekerja sama dengan kementrian desa pembangunan tertinggal dan transmigrasi untuk dapat menjawab 5 arahan Presiden yang diurai dari tingkat desa ;

  • Pertama, Peningkatan pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahawan.
  • Kedua Peningkatan ibu adalah pengasuhan anak.
  • Tiga Penurunan kekerasan terhadap ibu dan anak, keempat Penurunan pemengerjaan anak.
  • Dan terakhir pencegahan perkawinan anak.

“Selain itu diharapkan dapat memperkecil kesenjangan gender serta dapat meningkatkan peluang aktif perempuan terutama di bidang politik pengambilan keputusan dan ekonomi,” kata Qudrotul Ikhwan.

Terkaitan dengan itu, Pemrov Lampung berkomitmen melalui visi dan misi untuk memberikan yang terbaik untuk perempuan dan anak di Provinsi Lampung melalui program perempuan berjaya dan lampung ramah perempuan dan anak.

“Pemprov Lampung juga saat ini fokus terhadap penangan stunting karena berpengaruh terhadap peningkatan sumber daya manusia yang berkaitan dengan tingkat kesehatan bahkan kematian anak,

Upaya dan penanganan stanting merupakan program pemerintah pusat maupun daerah dengan indikator yang telah tertuang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2020-2024,” ujarnya.

Untuk itu, diharapkan kepada pemerintah kabupaten dan kota agar bersama-sama mendukung dan mengawal serta mensukseskan program ini diwilayahnya masing – masing.

Hadir secara langsung Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Ny. Riana Sari Arinal, SH, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra, Qudaratul Ikhwan,

Kepala Badan Bencana Daerah Rudy Sjawal Sugiarto, S.E, Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Dr. Zaidirina, S.EKepala BKKBN Provinsi Lampung, Drs. Rudy Budiman.(ipung)