Wujudkan KLA, Bupati Saply Beri Pengarahan Pada Rapat Penguatan Tim Gugus Tugas
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Demi Terwujudnya Kabupaten Layak Anal Bupati Saply Th berikan pengarahan kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Mesuji.

Hal itu dikatakan bupati dalam Rapat Penguatan Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Mesuji Tahun 2022 di aula kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Mesuji, Senin (7/3/2022).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, sesuai Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pasal 4 menyebutkan bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat, martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasana dan diskriminasi.

Oleh sebab itu, permasalahan sosial pada anak harus membutuhkan suatu model pembangunan yang tepat, dalam rangka memenuhi hak-hak anak yang terencana, menyeluruh dan berkelanjutan melalui Pengarustamaan Hak-Hak Anak (PUHA).

Selanjutnya, kata Saply, dengan adanya program kabupaten layak anak, diharapkan dapat menciptakan keluarga yang sayang anak, kecamatan layak anak, dan desa layak anak.

“Sebagai pra syarat  untuk memastikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik, terlindungi haknya, dan terpenuhi kebutuhan fisik dan psikis, “ucapnya.

Sehingga, Saply menambahkan kepada Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Mesuji diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam penyusunan, pelaksanaan penganggaran, pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan Kabupaten Layak Anak yang diintegrasikan ke dalam kebijakan program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Mesuji.

Sebab, Saply menilai, Kabupaten Layak Anak merupakan sebuah penghargaan bergengsi dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi bagi pemda sekaligus mendorong pemda untuk memotivasi keluarga, dan masyarakat lainnya.

“Meskipun demikian saya berpesan agar kita dapat maksimal dalam mempersiapkan hal tersebut bukan hanya demi meraih penghargaan semata akan tetapi lebih dari itu,” harapnya.

Guna mewujudkan Kabupaten Mesuji sebagai kabupaten layak untuk anak-anak, yang berdampak pada terwujudnya generasi penerus yang berkualitas dan daya saing.

Lebih lanjut, dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala DPRD Mesuji Elfianah, Fasilitator Kabupaten Layak Anak, Kepala Dinas PPPA Kabupaten Sripuji Haryanthi Hasibuan, dan organisasi perangkat daerah (OPD). (*/rian)