Bersama Dinas PUPR, Bupati Dendi Tinjau Langsung Normalisasi Sungai Way Lipang.
Spread the love

Lampungjaya.news, Pesawaran – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pesawaran Zaenal Fikri bersama jajarannya.Mengecek langsung pekerjaan normalisasi Sungai Way Lipang di Dusun Kelapa Dua Desa Kota Jawa, Kamis (17/09/2020).

Normalisasi tersebut dikerjakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) guna mengurangi dampak banjir yang kerap merendam daerah sekitar.

“Sungai Way Lipang semula dangkal dengan material sedimen, kita lakukan normalisasi dengan mengangkat sedimen tersebut. Kemudian, sungai juga kita luaskan tepi kanan kirinya agar air dapat mengalir dengan baik dan lancar, ” kata Bupati Dendi.

Menanggapinya, masyarakat setempat sangat berterima kasih atas normalisasi yang dilakukan karena dapat menghindari banjir pada saat musim penghujan.

“Air yang mengalir di Sungai Way Lipang di Dusun Kelapa Dua ini berasal dari tumpahan Desa Kubu Batu dan Kota Jawa, lalu disini tidak lagi manampung karena sungainya dangkal. Sehingga kalau hujan turun, air menggenangi sawah hingga kepemukiman, ” kata Warno yang mengaku memiliki sawah disekitar sungai tersebut.

Ia menuturkan, penyodetan dan pengerukan pengambilan material sedimen pada Sungai Way Lipang sangat membantu dalam mengurai jalannya air ketika musim hujan tiba.

“Mudah-mudahan setelah dinormalisasi, tidak ada lagi air banjir yang menggenang karena langsung mengalir kebawah. Terima kasih Pak Bupati Dendi, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan agar dapat melanjutkan pada periode mendatang, ” tutur dia. (Budi)