Bersama Para Dewan Guru, Pj Bupati Nukman Peringati HGN dan HUT Ke-78 PGRI
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Seluruh kepala sekolah beserta para dewan guru mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP hingga SLTA yang ada di kabupaten Lampung Barat berkumpul memadati Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Hari Guru Nasional dan PGRI tahun 2023, Selasa (28/11/2023).

Hari Guru Nasional (HGN) dan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) merupakan dua di antara hari nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November secara bersamaan.

Tahun 2023 ini, merupakan peringatan ke-78 HGN dan PGRI sejak diperingati pertama kali pada tahun 1945.

Puncak peringatan HGN dan PGRI di kabupaten Lampung Barat dilkasanakan pada 28 November 2023 dengan melibatkan peserta dari seluruh guru yang ada di kecamatan Balik Bukit, Batu Brak, Sukau, dan guru-guru dari perwakilan Pengurus Cabang (PC) se-Kabupaten Lampung Barat.

Ketua PGRI Lampung Barat, Drs. Bulki Basri yang juga saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan di bumi beguai jejama sai betik tersebut, dia mengatakan peringatan HGN dan PGRI merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para guru yang telah berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu, kata Bulki, peringatan HGN dan PGRI juga sebagai momentum untuk meningktakan harkat dan martabat para guru, khususnya yang ada di kabupaten Lampung Barat.

“Melalui HGN dan PGRI, ini kita jadikan wadah untuk menggali kreativitas dan prestasi para guru,” ungkap Bulki.

Hal itu dikatakan Bulki melalui sambutannya yang disaksikan Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman dan unsur Forkopimda, ketua TP-PKK, ketua Darma Wanita dan para koodinator pengawas pendidikan di Lampung Barat yang ikut serta hadir pada acara tesebut.

Tema HGN dan PGRI tahun 2023 ini adalah “bergerak bersama rayakan merdeka belajar”.

Dalam memeriahkan peringatan tersebut, diadakan berbagai perlombaan yang diikuti para peserta dari setiap PC PGRI se-Kabupaten Lampung Barat.

Perlombaan itu di antaranya lomba solo song, lomba cipta karya, baca puisi, tenis meja dan catur yang dilaksanakan sejak 23 November kemarin.

Tepat di puncak peringatan HGN dan PGRI, para peserta yang menang atau menjuarai perlombaan tersebut diberi apresiasi berupa piala dan piagam yang diserahkan langsung Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, Ketua PGRI Bulki Basri, serta sejumlah Unsur Forkopimda setempat.

Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, atas nama pemerintah daerah dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para dewan guru, pamong, serta tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru di kabupaten Lampung Baray yang selalu belajar, berbagi, dan berkolaborasi dengan semangat merdeka belajar serta telah berjuang untuk menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ungkap Nukman.

Menurut Nukman, PGRI sebagai organisasi profesi yang mempunyai moral intelektual para guru, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam mengangkat harkat martabat anggotanya.

Sebab kata Nukman, PGRI lebih mengedepankan sikap terbuka/inklusif, memegang tegus etika, saling menghormati dalam spirit organisasi yang mandiri, unitaristik dan non partisan.

“PGRI terus menjaga kemitraan yang strategis dengan pemerintah daerah serta menjadi saluran aspirasi para anggotanya dalam mewujudkan tujuan pendidikan Nasional,” ujarnya.

Terakhir, Nukman berharap dari dedikasi maupun pengabdian para tenaga pendidik dapat menjadi penerang bagi bangsa dan negara.

“Bangkit guruku maju negeriku, Indonesia tangguh Indonesia tumbuh,” pungkasnya. (Ipung)