Dessy Afriyanti Adipati,"lembaga pendidikan sebagai agen pembelajaran bertanggung jawab dalam mengembangkan berbagai aspek kecerdasan yang telah dimiliki anak.

Lampungjaya.net, Way Kanan – Pendidik PAUD merupakan profesi penting dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya pada masa balita. Sebab, pada usia itu sangat diperlukan guru yang profesional, karena harus memahami tentang kualifikasi, kompetensi, serta kiat menjadi pendidikan yang kaya akan cara menjadi pendidik.

Demikian dikatakan oleh Bunda Paud Way Kanan, Dessy Afriyanti Adipati, saat membuka acara Pendidikan dan Pelatihan guru pendamping muda atau pendidikan dan pelatihan berjenjang tingkat dasar satuan pendidikan non formal, bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Jum’at (22/11).

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana dalam undang – undang tersebut jelas disampaikan bahwa pendidikan anak usia dinii adalah upaya pembinaan yang terencana untuk membantu mewujudkan anak bangsa yang siap memasuki pendidikan formal.

” anak usia dini merupakan objek yang penting dan juga wadah dalam mengembangkan potensi anak, oleh karenanya lembaga pendidikan sebagai agen pembelajaran bertanggung jawab dalam mengembangkan berbagai aspek kecerdasan yang telah dimiliki anak,” kata Dessy Afriyanti Adipati.

Untuk itu, lanjutnya, akan pentingnya peran pendidik yang profesional mempunyai tugas utama yaitu mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih dan mengevaluasi peserta didik baik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) maupun pendidikan yang lebih lanjut.

Dalam kesempatan itu, Dessy Afriyanti juga mengharapkan dengan kegiatan ini juga berdampak pada peningkatan kualitas kompetensi dan kualitas pelayanan pendidikan, juga akan meningkatkan kompentensi diri para pendidik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik sehingga dapat pula melaksanakan fungsinya dengan baik sebagaimana tertuang dalam peraturan perundang undangan.(red)