Dinas Perpustakaan Dan Arsip Mesuji Laksanakan Giat Perpustakaan Keliling
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Pemkab Mesuji melakukan giat “Perpustakaan Keliling” sekaligus pembinaan perpustakaan sekolah di SDN.19 Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji.

Agung Subandara, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Pemkab Mesuji mengatakan, Perpustakaan merupakan institusi atau lembaga yang menyediakan koleksi bahan pustaka tertulis, tercetak dan terekam. Dan sebagai pusat sumber informasi yang diatur menurut sistem dan aturan yang baku dan didayagunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian penyebaran informasi dan rekreasi intelektual bagi masyarakat.

“Dalam kehidupan modern, perpustakaan perlu memberikan pelayanan informasi yang tepat dan merata kepada seluruh masyarakat. Bukan hanya disekitar gedung perpustakaan daerah, akan tetapi juga masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari jangkauan gedung perpustakaan,” kata Agung Subandara, Minggu (13/02/2022).

Dijelaskan Agung Subandara, dengan adanya perpustakaan keliling ini, agar masyarakat dapat juga menikmati layanan informasi untuk meningkatkan pengetahuannya, perpustakaan harus ada dilingkungan mereka sampai ke pelosok desa.

“Pemerintah Kabupaten Mesuji belum dapat membangun perpustakaan di setiap desa. Maka untuk mengatasi hal ini, Pemkab Mesuji melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip menyelenggarakan sarana yaitu Perpustakaan Keliling,” ucapnya

Dikatakan Agung, untuk lebih mendekatkan koleksi bacaan kepada para pemustaka atau pembaca, maka kami melaksanakan perpustakaan keliling secara terjadwal terutama ke sekolah – sekolah.

“Kami juga telah memiliki perpustakaan digital “iPerpus Mesuji” yang dapat didownload melalui Playstore. Sehingga masyarakat dapat membaca buku dirumah atau dimana saja dengan menggunakan Smartphone,” Terangnya.(rian/san)