Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mesuji Menggelar Audit Sistem Kearsipan Internal
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSAR) Daerah Mesuji melaksanakan Audit Kearsipan Internal pada beberapa Perangkat Daerah, bertempat di Ruang Rapat Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah. Selasa, (02/07/2024)

Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) di lingkungan pemerintah Kabupaten Mesuji adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk pengawasan terhadap penyelenggaraan kearsipan di setiap Perangkat Daerah (PD) Mesuji, yang merupakan amanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

Kepala Dispusar Mesuji, MUZAIRI, S.IP.,M.S.i, Menyampaikan, telah dilaksanakan Audit Sistem Kearsipan Internal Kabupaten Mesuji Tahun 2024 yang dikuti oleh 38 (tiga puluh delapan) Perangkat Daerah dan dilaksanaan selama 3 (tiga) Hari, Kegiatan ini yang merupakan tindak lanjut dari Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan serta Monitoring Kearsipan pada masing-masing perangkat Daerah.

yang mana telah dilaksankan sebelumnya tanggal 13 Mei 2024 s/d 07 Juni 2024 Tim Audit terdiri dari Internal Dinas Perpustakaan dan Arsip dan Auditor Inspektorat Kabupaten Mesuji, Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji.

“Pengawasan kearsipan ini merupakan agenda tahunan kami untuk melihat potret kearsipan secara utuh. Harapannya, kami dapat mengetahui tingkat kualitas pengelolaan kearsipan dan upaya peningkatannya dari tahun ke tahun,”

Muzairi juga menyampaikan, bahwa pengawasan kearsipan pemerintah daerah terdiri dari 60% pengawasan kearsipan eksternal ditambah dengan 40% pengawasan kearsipan internal.

“Beberapa kategori penilaian, pengelolaan arsip dinamis termasuk di dalamnya adalah pengawasan pelaksanaan Srikandi, dan sumber daya kearsipan yang terdiri dari sumber daya manusia di bidang kearsipan dan sarana prasarana di bidang kearsipan”.

“Lebih lanjut beliau berharap pada tahun 2024 ini nilai Pengawasan Kearsipan Internal Perangkat Daerah dapat lebih baik dari tahun sebelumnya”,Pungkasnya”.