DPRD gelar Paripurna Istimewa dalam rangka Hut ke -  20 Kabupaten Way Kanan

Lampungjaya.net,, Way kanan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Way Kanan yang ke -20, Pemkab Way Kanan bersama DPRD Way Kanan menggelar Rapat Paripurna Istimewa di ruang rapat utama gedung DPRD, Sabtu (27/04/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Raden Adipati Surya, mengatakan Kita patut mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pendahulu kita yang berjasa dalam pembentukan Kabupaten Way Kanan yang kita cintai ini, dan tidak lupa juga kepada seluruh masyarakat yang dengan tulus ikhlas telah memberikan sumbangsih dalam mengisi pembangunan selama 20 tahun.

“Pembentukan Kabupaten Way Kanan bukanlah suatu pekerjaan yang ringan tetapi melalui proses perjuangan panjang, dimulai sejak tahun 1957 hingga tahun 1999 kurang lebih selama 42 tahun dan hari ini tepat sudah 20 tahun usia Kabupaten Way Kanan.

Banyak sekali pengorbanan telah di dharma bhaktikan oleh para pendiri Way Kanan di antaranya, tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuka agama, para cerdik pandai, Pemerintah Provinsi Lampung dan para Wakil Rakyat di daerah maupun pusat serta seluruh masyarakat pada saat itu.

“Mereka telah mengorbankan bukan hanya tenaga, pikiran, tetapi juga harta demi tercapainya suatu daerah otonom yang memiliki keleluasaan untuk mengurus daerahnya sendiri sehingga dapat sejajar dengan daerah lain, rasa syukur dan terima kasih senantiasa kita ucapkan semoga amal bhakti para pendiri Kabupaten Way Kanan memperoleh balasan pahala yang setimpal dari Allah Subhana Wa’taala,” terangnya.

Adipati, menambahkan Kita merasa berbahagia karena sampai hari ini sebagian sesepuh kita yang berjasa dalam pembentukan Kabupaten Way Kanan masih dapat berkumpul bersama kita, akan tetapi ada di antara tokoh pendiri Kabupaten Way Kanan yang telah mendahului kita.

“Semoga yang masih ada bersama kita senantiasa diberikan kesehatan dan panjang umur sedangkan yang telah berpulang semoga mendapatkan tempat terbaik disisi Allah Subhana Wa’taala, perjuangan mereka akan terus kita kenang sepanjang hayat sampai kepada anak cucu kita kelak.

Oleh karenanya kita patut berterima kasih kepada para tokoh dan inisiator pengagas awal pembantukan Kabupaten Way Kanan diantaranya. Hj. Pangeran Bazar, Hj. Pangeran Malik, Hj. Sutan Gatot Nawawi, Ratu Majapahit, Sutan Raja Alam, Sutan Sogoran Tuha, Jalaludin Gelar Sutan Alamsyah, Aliudin gelar Pesirah Migo, Pangeran Puting Marga dan Nursiwan, Minak Sumbahan, Sutan Sunan serta Hj. Abdul Roni.

“Selanjutnya para tokoh yang hadir dalam pertemuan di Tanjung Agung tepatnya pada tahun 1971 mereka adalah. Drs. Subki E Harun, Hj. Ridwan Basyah, Drs. Ibu Suud, Drs. RM. Barusman, Drs. Raden Intan, Johan Efendi dan SH, Ajmain Mas Efendi, Mayor A. Latif, Syamsudin TA dan tokoh-tokoh lainnya.

Selain para tokoh dan inisiator juga para Punyimbang adat yang menghadiri Bugawi Adat Nasrunsyah Gelar Sutan Mangku Bumi pada tahun 1975 mereka adalah, Hj, Ridwan Basyah, Idham Bazar, Pangeran Puting Marga, Minak Sumbahan, Sutan Mangku Bumi, Ratu Bagus, Nasrunsyah Gelar Sutan Mangku Bumi, Hop Marga dan Sutan Sunan Pakuan Ratu, Hj, Ibrahim serta Pangeran Mas Muhammad,” terangnya.

Adipati, menambkan Tak ketinggalan juga jasa para pembantu Bupati Lampung Utara Wilayah Blambangan Umpu yaitu. Hj, Mochtar Lutfi, SH, Hj, Ridwan Basyah, Hj, Mansyur Nur, Ir, Hj, Hanibal Salim, Drs, Tamanuri, dan terakhir Drs, Rifdi Arief. Nama nama tersebut akan tetap terpatri di dalam hati dan sejarah Kabupaten Way Kanan.

“Pada peringatan HUT kali ini kita laksanakan bukan sekedar untuk mengenang jasa para sesepuh yang telah gigih memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Way Kanan, tetapi juga berupaya merefleksikan capaian pembangunan yang sudah kita kerjakan sebagaimana harapan dan cita-cita pendiri Kabupaten Way Kanan.

Sebagai generasi penerus mari kita luruskan niat untuk terus memajukan Kabupaten Way Kanan sesuai dengan harapan para pendiri Kabupaten Way Kanan, sekaligus kita dapat menjaga, membangun dan membesarkan Kabupaten Way Kanan ini sebagai amanah bagi kelangsungan hidup anak cucu kita di kemudian hari,” terangnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan Nikman Karim, usai rapat paripurna dirinya mewakili jajaran Anggota DPRD Way Kanan mengucapkan selamat ulang tahun Kabupaten Way Kanan yang ke-20.

“Semoga di usia Way Kanan yang sudah beranjak dewasa ini dapat lebih maju dan berdaya saing untuk Lampung Maju,” ucap Ketua DPRD.

Rapat paripurna tersebut terbuka untuk umum dan diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng. Rapat dihadiri 20 Anggota DPRD Way Kanan termasuk Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD II, Staf Ahli Gubernur Lampung, Jajaran Forkopimda Kabupaten Way Kanan, serta tamu undangan lainnya baik dari Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung maupun Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.(SANDI)