Jelang Pilkada Serentak 2024, KPU Way Kanan Gelar Rakor Dan Bimtek Pemutakhiran Data dan Penggunaan Aplikasi E-Coklit Untuk PPK, PPS, dan Pantarlih
Spread the love

Lampungjaya.news, Way Kanan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih serta penggunaan aplikasi E-Coklit untuk PPK,PPS dan Pantarlih se Kabupaten Way Kanan jelang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. Bertempat di Aula KPU Way Kanan, Rabu, (19/06/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H, I Gede Klipz Darmaja, Tri Sudarto, Sekretaris, Kasubbag, Ketua Bawaslu Way Kanan Sukidra, Syahrul (dukcapil) dan Ketua PPK, Pokja data dan Pokja SDM se-kabupaten way kanan.

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan, SH dalam pembukaan menerangkan, bahwa E-Coklit adalah aplikasi yang dibuat KPU RI untuk memudahkan Pantarlih dalam melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit).

Dimana dalam penerapannya, Pantarlih akan menggunakan smartphone (handphone) untuk memasukkan data pemilih ke dalam sistem.

“Melalui kemudahan ini diharapkan seluruh wilayah bisa digunakan aplikasi E-Coklit,” ujarnya.

I Gede Klipz Darmaja selaku Kepala Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi juga menjelaskan, Pantarlih adalah salah satu badan adhoc KPU untuk melaksanakan Coklit di tahapan pemutakhiran data pemilih.

“Jadi Pantarlih itu panitia pemutakhiran data pemilih. Pantarlih akan turun ke lapangan dari rumah ke rumah untuk memastikan data pemilih telah sesuai. Jika Pantarlihnya selesai dibentuk, dilanjutkan tahapan pemutakhiran data pemilih,” ,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Tri Sudarto selaku kadiv Sosdiklih,Parmas dan SDM mengatakan, Proses seleksinya Pantarlih dilakukan oleh PPS yang ada di masing-masing desa/kelurahan mulai pendaftaran, verifikasi administrasi hingga pengumuman semuanya di tingkat PPS.

“Saat ini Kabupaten Way Kanan mempunyai Kebutuhan Pantarlih sebanyak 1.310 orang. TPS yang DPT-nya lebih dari 400 pemilih, maka Pantarlihnya 2 orang, “ungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengunaan aplikasi e-coklit berbasis web dan Mobile yang dijelaskan oleh Tim Datin KPU Way Kanan. (*/smsi_wk)