Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung Berikan Bantuan Pada Kegiatan Yansos Jejama di Kabupaten Lampung Utara
Spread the love

Lampungjaya.news, Kotabumi – Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL) Riana Sari Arinal menghadiri kegiatan Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama), di Kantor Kecamatan Abung Barat Lampung Utara, Senin (22/4/2024).

Kegiatan Yansos Jejama ini merupakan kegiatan jemput bola dimana Dinas Sosial sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) memberikan layanan rehabilitasi sosial yang tidak hanya dilaksanakan di dalam panti saja tapi juga melakukan penjangkauan dan penjemputan terhadap penyandang disabilitas di desa dan kecamatan untuk diberikan pelayanan rehabilitasi sosial yang sama seperti pelayanan di dalam panti.

Di tiap lokasi pelaksanaan Yansos Jejama diberikan pelayanan terhadap 100 penyandang disabilitas, diantaranya penyandang disabilitas fisik, sensorik dan intelektual.

Ketua PKDL Riana Sari Arinal menjelaskan, salah satu diantara 33 Janji Kerja Gubernur adalah Pemenuhan hak penyandang disabilitas bagi masyarakat yang ada di Provinsi Lampung. Pelaksanaan kegiatan ini, kata Riana Sari, merupakan wujud komitmen dan kepedulian Gubernur Arinal Djunaidi bagi para penyandang disabilitas.

Di kesempatan tersebut, Riana Sari juga menyerahkan bantuan dari Gubernur Lampung berupa kruk, tongkat netra, alat bantu dengar, dan kursi roda.

“Kami berharap, dengan adanya bantuan ini, akan mempermudah aktivitas bapak ibu sekalian dalam menjalani aktivitas sehari-hari,’ harap Riana Sari.

Selain itu, Riana Sari juga berharap kepada para penyandang disabilitas agar dapat menjalani hidup dengan rasa optimis.

“Karena akan selalu ada orang-orang di sekitar bapak ibu, yang sayang, yang selalu memberikan perhatian kepada bapak ibu semua. Jadi, jangan pernah berkecil hati,” ucap Riana Sari menyemangati para disabilitas yang hadir dalam acara tersebut.

Pj. Bupati Lampung Utara Aswarodi dalam kesempatannya menjelaskan bahwa di bidang pembangunan kesejahteraan sosial, secara khusus, Gubernur Lampung menjadikan Penyandang Disabilitas sebagai prioritas untuk diberikan pelayanan dan pemenuhan hak-haknya yang tertuang dalam visi dan misi ketiga Provinsi Lampung yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas.

Kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung terhadap penyandang disabilitas, kata Pj. Bupati Lampung Utara yang juga merupakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, diantaranya diwujudkan dengan :

  1. Telah dibentuknya Persatuan Komunitas Disabilitas sebagai sarana memfasilitasi, memenuhi dan penghormatan hak-hak penyandang disabilitas.
  2. Pemerintah Provinsi Lampung telah memiliki regulasi tentang pemenuhan hak-hak disabilitas dalam bentuk Perda Nomor 7 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas.
  3. Telah dibentuknya Forum LKKS yang diketuai oleh Riana Sari Arinal yang mewadahi LKS–LKS di Provinsi Lampung yang juga bergerak untuk memfasilitasi pemenuhan dan penghormatan hak-hak penyandang disabilitas.
  4. Telah dibentuknya Unit Layanan Disabilitas yaitu suatu wadah yang disiapkan untuk memfasilitasi penyandang disabilitas yang ingin bekerja di sektor publik.
  5. Pemberian kesempatan kepada semua penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam event-event seperti perlombaan olahraga dan kegiatan lainnya.
  6. Prioritas anggaran untuk pengadaan alat bantu bagi penyandang disabilitas setiap tahunnya.

Atas berbagai kepedulian tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi dinobatkan sebagai Gubernur Peduli Penyandang Disabilitas dan Pada Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Komisi Nasional Disabilitas RI menganugerahkan kepada Gubernur Lampung Penghargaan Anugerah Prakarsa Inklusi, dimana Provinsi Lampung merupakan Provinsi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung Riana Sari Arinal menyambangi masyarakat di Desa Bumi Nabung dan Desa Simpang Abung Kecamatan Abung Barat.

Di Desa Bumi Nabung, Riana Sari membagikan 100 paket sembako dan 5 mesin jahit. Riana Sari juga membagikan bantuan usaha ekonomi produktif berupa perlengkapan alat steam motor di Desa Simpang Abung.

Riana Sari berharap, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat serta dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Sumber : Dinas Kominfotik Provinsi Lampung. (LJ)