Klarifikasi Penggunaan DD (Dana Desa) , Rudiyanto Datangi Kantor PWI

Lampungjaya.net, Panaragan – Kepalo Tiyuh (Desa) kartaraharja Kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) konfrensi Pers di seketariat persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tubaba, guna memberikan klarifikasi terkait penggunaan Dana Desa (DD) pada tahun 2018.

Kedatangan Rudiyanto SE. kepalo tiyuh kartaraharja di sambut langsung oleh ketua PWI Tubaba Edi zulkarnain dan sejumlah anggota pengurus PWI Tubaba, dalam konfrensi Pers yang disampaikan langsung oleh Rudiyanto SE. Terkait realisasi pembangunan Onderlagh sepanjang 200 meter di alokasikan di atas lahan jaringan irigasi ,di Rk-03
pada tahun 2018 perlu saya luruskan agar tidak ada Miskomunikasi.

“Bahwa pembangunan yang telah direalisasikan pada pembangunan Onderlagh tersebut sudah sesuai dengan Usulan masyarakat,” dan kami atas nama pemerintah Tiyuh kartaraharja niatnya Baik ingin turut serta menjaga dan melestarikan pembangunan jaringan irigasi ini dengan memelihara dan merawatnya,” Terang , Rudianto.SE. saat memberikan keterangan Pers nya di seketariat PWI Tubaba pada selasa (21/5/2019) sekira pukul 13:54 Wib.

Menyikapi Usulan dari masyarakat pada kegiatan musrenbang tingkat Tiyuh yang di selenggarakan pada 6 januari Tahun 2018 yang melibatkan segenap lapisan tokoh dan pemuda masyarakat ,terkait rencana pembangunan jangka menengah Tiyuh (RPJMT) tahun 2018 lalu, Masyarakat sepakat untuk mengusulkan jaringan irigasi tersebut dapat di bangunkan Onderlagh mengingat akses jalan menuju lahan milik masyarakat tersebut di saat musim penghujan situasi jalan tersebut becek susah untuk di lalui oleh kendaraan milik masyarakat yang hendak beraktifitas sehari-hari ke lahan kebon milik masyarakat.

Lebih jauh dikatakan Rudianto.SE, mengingat Program Dana Desa yang digagas oleh presiden Republik Indonesia Ir .Joko widodo, sangatlah Berdampak positif terhadap perberdayaan masyarakat meningkatkan Ekonomi yang ber-orentasi pada meningkatkan pemerataan inprastruktur pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tiyuh (Desa) kartaraharja kecamatan Tuba Udik (TBU).

Dari pelapon anggaran Dana Desa (DD) Pada tahun 2018 sebesar Rp, 780 juta kurang lebih yang di kelola oleh pemerintah Tiyuh kartaraharja pelapon anggaran Tersebut Sudah direalisasikan terhadap Pembangunan Onderlagh di Rk-03 dengan nilai anggaran Rp. 68.425.700, yang dialokasikan di Rk-03 sepanjang 200 meter.
Sementara pembangunana Onderlahg di Rk-07 sepanjang 600 Dengan menggunakan nilai anggaran sebesar Rp.192.267.800 dan dua unit pembangunan gorong – Gorong2 Ukuran 4 meter di Rk-02 dengan nilai anggaran sebesar Rp. 7 juta, pembangunan gorong-gorong ukuran 5 meter, di Rk-02 Rp 783.850 pembangunan Derainase di suku 02 sepanjang 243 meter, kegiatan Pemberdayaan masyarakat, tunjangan kader posyandu, kader jumatik ,pelatihan ibu – ibu penggerak Pkk, tiyuh kartaraharja,Serta 10 unit pembangunan jambanisasi (MCK ) yang tersebar di tiyuh kartaharja, pungkasnya.(Sir)