Komitmen Sebagai Kabupaten Literasi, Bupati Parosil Buka Festival Literasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus membuka Festival Literasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022, bertempat di Taman Kota Liwa Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Selasa (14/06/2022).

Dalam sambutannya Parosil mengatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan, sebetulnya kegiatan ini sudah sering dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Kegiatan seperti ini selaras dengan komitmen pemerintah Kabupaten Lampung Barat yakni Kabupaten Literasi.

“Bukan komitmen sembarangan, tujuannya yakni menumbuh kembangkan minat baca kepada anak sehingga menumbuh kembangkan generasi muda yang cerdas, dan edukasi kepada anak-anak ini, perlu adanya pembimbing dan juga pendamping, “kata Parosil.

Parosil Mabsus juga meminta kepada tim GLD Kabupaten Lampung Barat termasuk Dinas Perpustakaan dan Dinas Pendidikan untuk berkolaborasi dalam memberikan edukasi dalam rangka menumbuh kembangkan minat baca terhadap anak.
Sebab, menumbuh kembangkan minat baca terhadap anak-anak ini sangatlah penting apalagi ditengah kemajuan teknologi saat ini terjadi pergeseran keinginan dan kebiasaan terhadap anak.

“sebagai orang tua harus mengikuti kemajuan teknologi dan harus memberikan edukasi terhadap anak meskipun mereka lebih pintar dan canggih, bila bicara pengawasan utamanya dari orang tua terlebih dahulu,”ujarnya.

Sementara Ketua GLD Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus menjelaskan, festival literasi tersebut merupakan salah satu media kampanye gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat.
Festival ini dilaksanakan dalam rangka peringatan pencanangan Lampung Barat sebagai Kabupaten literasi, peringatan hari pendidikan nasional, dan peringatan hari lahir pancasila.

Dalam kegiatan festival tersebut juga diwarnai dengan berbagai perlombaan diantaranya, lomba cipta lagu pendek literasi atau jingle literasi yang di ikuti oleh 10 finalis.

Lomba foto giat literasi lamban baca yang pelaksanaannya diikuti oleh 264 foto.

Lomba majalah dinding tingkat SMP yang diikuti oleh 19 SMP, lomba menggambar anak-anak pengunjung lamban baca usia SD yang di ikuti 47 peserta, dan Lomba mewarnai tingkat TK Se-Kecamatan Balik Bukit yang diikuti oleh 100 peserta dari wilayah setempat, pemilihan duta literasi yang diikuti oleh sebanyak 33 peserta dan terpilih sebanyak 10 peserta yang menjadi Duta Literasi.

“Untuk Finalis jingle literasi tersebut ada yang berasal dari Tangerang, Provinsi Jawa Barat, ini menunjukan bahwa masyarakat begitu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, bahkan oleh masyarakat dari luar daerah, “ujar Partina.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti, S.S.M.Hum.

Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Komarawati Mad Hasnurin. Sekretaris Daerah Drs. Adi Utama, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat, para Camat, para Pengelola Lamban Baca dan Penggiat Literasi,Tokoh agama, Adat, Pemuda dan Masyarakat setempat.(ipung)