Lampung Raih Predikat Provinsi Terbaik Ketiga BBWI Tingkat Kawasan Sumatera
Spread the love

Lampungjaya.news, Jakarta – Provinsi Lampung berhasil meraih predikat Provinsi Terbaik Ketiga Tingkat Kawasan Sumatera dalam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Jumat (15/12/023).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang diwakili oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas kepada Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Bobby Irawan.

Pada kesempatan tersebut, Bobby Irawan menyampaikan bahwa keberhasilan Provinsi Lampung meraih predikat Provinsi Terbaik Ketiga BBWI Tingkat Kawasan Sumatera merupakan hasil kerja keras dan sinergitas antara pemerintah dan seluruh stakeholder kepariwisataan Lampung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di Lampung,” kata Bobby.

Menurut Bobby, Lampung memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah. Untuk itu, pemerintah terus berupaya mengembangkan potensi tersebut agar dapat menjadi destinasi wisata yang berdaya saing dan berkelas dunia.

“Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata Lampung,” kata Bobby.

Adapun proses penilaian ABBWI Tahun 2023 meliputi dua tahapan, yakni pada tahap pertama, penilaian administrasi dan dokumen, meliputi Pertumbuhan Pergerakan Wisatawan Nusantara, Viewers Digital Promosi sebagai pangsa dari jumlah penduduk, Tagline/Slogan Kampanye BBWI, Anggaran Pariwisata, Jumlah Event Skala Regional/Nasional/Internasional, Strategi Peningkatan Pariwisata Domestik Daerah, Destinasi Terkurasi dan Travel Pattern.
Tahap kedua, penilaian pemaparan program pariwisata oleh pemerintah daerah kepada Tim Reviewers BBWI.

Pada tahap kedua, Provinsi Lampung mendapat undangan untuk memaparkan Strategi Kebijakan Pengembangan Pariwisata Nusantara dan Pelaksanaan Event. Pemaparan tersebut disampaikan oleh Bobby Irawan dengan substansi materi paparan terdiri dari 4 hal, yaitu Strategi Kebijakan Pemerintah Daerah Mendorong Aktivitas Wisatawan Nusantara, Pemilihan Destinasi Terkurasi Unggulan Daerah, Peran Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Event, dan Travel Pattern (Pola Perjalanan Wisata).

Menurut Bobby Irawan Keberhasilan Provinsi Lampung meraih predikat Provinsi Terbaik Ketiga BBWI Tingkat Kawasan Sumatera ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh elemen kepariwisataan Lampung untuk lebih solid dalam berkolaborasi dan berkontribusi aktif untuk membangun seluruh aspek kepariwisataan daerah. (*/Lj)