Lindungi Warga dari Corona, Desa Banjar Wangi Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Spread the love

Lampungjaya.news, Kotabumi – Mengantisipasi penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Desa Banjar Wangi Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara (Lampura), jajaran pemerintahan desa bersama warga setempat melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Rabu (15/04).

Penyemprotan yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Banjar Wangi, Mudasir, disaksikan Camat Kotabumi Utara Doni Ferwari Fahmi, Babinsa dan Babinkantibmas, serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan penyemprotan dilakukan di lingkungan rumah warga di empat dusun yang ada di Desa Banjar Wangi. Selain, tempat ibadah serta sejumlah fasilitas umum yang biasa dikunjung warga. Seperti, kantor desa, masjid dan mushola, termasuk warung milik warga.

Dengan kegiatan ini, warga sangat mengapresiasi langkah pencegahan yang dilakukan kades beserta perangkatnya. Warga berharap kegiatan pencegahan ini dapat dilakukan sampai wabah Covid-19 ini dinyatakan benar-benar tidak ada lagi, khususnya di lingkungan Desa Banjar Wangi.

Menurut Mudasir, selain sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 kepada warganya, kegiatan penyemprotan disinfektan ini juga merupakan tindak lanjut atas instruksi pemerintah pusat dan daerah dalam memerangi virus yang hingga kini belum ada obat atau vaksinnya tersebut.

“Penyemprotan ini kita lakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona dan tentu tidak terlepas dari penerapan imbauan Pemerintah,” kata Kades Banjar Wangi.

Ke depan, lanjut Mudasir, pihaknya juga akan membagian masker dan hand sanitizer kepada warga. Untuk saat ini, kegiatan tersebut belum dapat direalisasikan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki desa.

“Kita juga akan bagikan masker dan hand sanitizer. Tapi belum bisa sekarang karena DD (Dana Desa) kita tahun ini belum cair,” ujar Mudasir.

Selain itu, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus carona, kades juga mengajak warga masyarakat Desa Banjar Wangi untuk bersatu bersama-sama melawan covid 19. Yakni dengan mematuhi dan melaksanakan apa yang telah menjadi kebijakan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemkab Lampura.

“Saya mengimbau kepada segenap warga masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan apa yang telah menjadi kebijakan pemerintah. Sebab masyarakatlah yang menjadi garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penularan virus carona,” himbaunya.

Masyarakat juga harus disiplin dalam menjaga diri, keluarga dan lingkungannya. Hal dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, memakai masker apabila keluar rumah, menjaga jarak sosial apabila di tempat keramain, tetap di rumah bila tidak ada keperluan mendesak itu pilihan terbaik. Serta, patuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik di tahun ini bagi warga masyarakat Desa Banjar Wangi yang ada di perantauan.

“Keselamatan diri serta keselamatan orang lain di lingkungan kita harus dimulai dari kedisplinan kita dalam mematuhi anjuran pemerintah. Semoga wabah ini cepat ditemukan obatnya dan kondisi kita bisa segara kembali seperti sebelumnya,” pungkas Mudasir. (And)