Lomba Adipura Tingkat Kampung,  Bali Sadhar Utara Juara

Lampungjaya.net, Way Kanan – Usai membacakan sambutan pada upacara bendera peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat Kabupaten Way Kanan, Bupati Raden Adipati Surya, selanjutnya menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Adipura Kampung tingkat Kabupaten Way Kanan tahun 2019 dilapangan Pemkab setempat.

Kegiatan itu dihadiri pula oleh Wakil Bupati Edward Antony, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, kepala dan unsur Inspektorat Daerah Kabupaten, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam dan Pengurus Korpri, Senin (24/6/2019)

Bupati Raden Adipati Surya dalam sambutannya, mengatakan melalui lomba Adipura Kampung tingkat Kabupaten Way Kanan, diharapkan dapat meningkatkan pola hidup bersih serta membantu pemerintah daerah dalam mempertahankan penghargaan Adipura tingkat Nasional yang berhasil diraih tahun lalu.

“Dengan lomba adipura kampung ini, di harapkan agar semua masyarakat ditingkat kabupaten sampai kampung memiliki tanggungjawab bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta dapat menjadi penunjang dalam panilaian adipura tahun 2019 ini,”terangnya.

Adipati, melanjutkan saya juga meminta agar adanya sanksi bagi kampung-kampung yang mendapatkan penilaian terburuk agar kampung-kampung yang lain dapat terpicu dan termotivasi untuk berbenah dalam pengelolaan lingkungan di kampungnya masing-masing. Sedangkan program adipura kampung ini merupakan program unggulan baru Kabupaten Way Kanan dan merupakan satu-satunya program yang ada di Indonesia. Melalui Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 660/140.a/IV-12-WK/2019 tentang Adipura Kampung.

Program tersebut akan dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Way Kanan yang pelaksanaannya melalui Dinas Lingkungan Hidup serta akan menjadi salah satu agenda tetap pada rangkaian hari lingkungan hidup di tingkat Kabupaten Way Kanan.

“Sedangkan untuk lomba Adipura Kampung lokasi yang dijadikan titik pantau penilaian yaitu kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau di lokasi titik pantau jalan raya, jalan Kampung, puskestu/ puskesdes, perkantoran kampung, sekolah, sungai dan saluran terbuka, taman kampung, pasar kampung, bank sampah serta tempat pengolahan sampah,”terangnya.

Adipati, menambahkan dari hasil penilaian yang telah dilakukan oleh tim penilai Kampung Bali Sadhar Utara Kecamatan Banjit berhasil meraih penghargaan terbaik pertama, selanjutnya penghargaan terbaik jedua diraih Kampung Suka Agung Kecamatan Buay Bahuga dan penghargaan terbaik ketiga diraih Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu.

“Untuk hadiah bagi pemenang lomba adipura kampung, juara satu mendapatkan insentif tambahan alokasi dana kampung tahun 2020 sebesar Rp.100 juta, juara dua Rp.75 juta dan juara tiga Rp.50 juta,”tutupnya.

Usai menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba adipura kampung kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tas belanja dan tumbler ramah lingkungan kepada forum komunikasi pimpinan daerah dan pimpinan instansi vertikal serta penanaman pohon bersama di taman kehati.(Indera)