Masyarakat nyatakan Puas dengan pelayanan Disdukcapil
Spread the love

Lampungjaya.net, Way Kanan – Standar pelayanan merupakan tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terus meningkatkan system pelayanan public dalam memberikan pelayanan public sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), serta sesuai kateria Ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung, salah satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Way Kanan, Kamis (11/72019)

Di temui di ruang kerjanya Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dukcapil Bayu Susanto, yang mendampingi Kepala Dinas Drs. Alamsyah Ibrahim, mengatakan Langkah-langkah yang telah dilakukan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dimana kita telah membuat ruang pelayanan senyama mungkin misalnya memperbaharui ruang laktasi yang mana ruang ini dikhususkan untuk ibu menyusui, selanjutnya satu meja atau bangku yang diperuntukkan khusus untuk lansia dan penyandang disabilitas termasuk untuk proses disabilitas ke toilet.

“Dimana kita sudah siapkan jalur khusus disabilitas, selain itu kita juga telah menyediakan untuk masyarakat yaitu kotak untuk saran, masukan, dan pengaduan,” terangnya.

Bayu, melanjutkan Sedangkan untuk pelayanan kepada masyarakat sudah kita tingkatkan baik itu ruang dan SDM yang melayani masyarakat, kita juga telah memasang maklumat pelayanan dan memberikan informasi yang layak disebarkan sambil tetap mengedepankan partisipasi masyarakat. Yang penting masyarakat tahu informasi, baik itu mengenai syarat, alur, dan waktu.

Disdukcapil Way Kanan komitmennya memperbaiki system pelayanan dengan cara terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar tingkat kepuasan masyarakat pengguna layanan administrasi kependudukan terjawab.

“Untuk sementara ini Alhamdulillah dengan adanya peningkatan pelayanan Dukcapil baik ruangan maupun SDM yang melayani mendapatkan nilai baik dari masyarakat. Mudah-mudahan penilaian kepada kita oleh Ombudsman RI perwakilan Provinsi Lampung kita bisa mendapat nilai hijau. Itu tujuan dan cita-cita kami di Disdukcapil saat ini,” tegas Bayu. (Indera)