Mulli Mekhanai Pekon Tebabunuk Adakan Acara Sesambayan, Pecah Balon, Dan Panjat Pinang
Spread the love

Lampungjaya.news, Tanggamus – Meriahnya acara sesambayan (Nyambai) yang di gelar Muli Mekhanai Pekon Tebabunuk, sudah menjadi tradisi turun menurun yang di gelar saat acara Halal bihalal pada hari raya idul fitri 1443 H. Rabu, (04/05/2022).

Acara ini di gelar bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama muli mekhanai yang sudah di angkat atau yang sudah mendapat mandat jadi muli mekhanai setempat.

Ajang mempererat tali persaudaraan digelar antara satu pekon dan pekon atau tetangga lain, guna memeriahkan acara Adat Nyambai muli mekhanai yang sudah turun menurun dari jaman nenek moyang kita.

Seperti yang di katakan kepala muli mekhanai pekon Tebabunuk. “Juliansyah, acara ini akan selalu di adakan setiap datang nya Hari Raya idul fitri guna mempererat tali silaturahmi sesama muli mekhani, juga menjadi kan ajang perkenalan antara muli mekhanai dari pekon ke pekon yang lain nya, “jelasnya.

Di tempat terpisah “Desefbri selaku mekhanai setempat menambah kan, kita harus galakkan seperti acara Nyambai ini, kita jadi kan ajang tali silaturahmi sesama muli mekhanai dan kapan lagi kita ada kan acara anjau silau ini, kalo ga datangnya hari raya indul fitri.

“Tapi kadang kala di acara nyambai ini bisa juga menjadi ajang mendapatkan jodoh, karena bertemunya muli mekhanai antara pekon yang satu dengan pekon yang lainnya, “Imbuh nya.

Ditambah kan salah satu tokoh masyarakat pekon Tebabunuk “Khaja Busroni, kami sangat mendukung dan mensuport apa yang di selenggarakan muli mekhanai.

“Kami semua mendukung nya di karenakan acara ini sudah tradisi kita dari jaman dahulu kala, kita wajib melestarikan jangan sampai hilang dengan perkembangan jaman sekarang, mengingat sudah jaman Moderen dan Canggih, “tambahnya.

Saat di temui, Selamat putrayadin selaku Kepala Pekon Tebabunuk Sangat apresiasi dan mendukung Acara nyambai yang di ada kan muli mekhanai.

“Kita Lestari kan Adat Yang sudah turun menurun ini, guna mempererat tali silaturahmi di antara sesama ada yang dari luar pekon bisa berkumpul bersama untuk ikut memeriah kan acara ini.

Masih lanjut Kakon Selamat putrayadin, Acara Anjau Silau ini terbagi menjadi Tiga Sesi Yang di Selenggara kan Kepala Bujang Juliansyah, diantara nya Panjat pinang, Pencak Silat, dan Tari-tarian Nyambai.

Puncaknya acara tersebut yaitu “PANJAT PINANG” insya alah acaranya akan di di selengarakan hari ini dan semoga berjalan dengan Lancar, tutupnya.(rizal)