Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat Gelar Gerakan Tubaba Berqurban
Spread the love

Lampungjaya.news, Tulang Bawang Barat – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melaksanakan Gerakan Tubaba Berqurban Tahun 1443 H/2022 M di Halaman Kantor Pemda Kabupaten setempat, Senin (11/07/2022)

Gerakan Tubaba Berkurban merupakan program yang diharapkan mampu membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan daging saat hari raya kurban dan meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui program tersebut hewan kurban hanya dibeli dari para peternak di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Gerakan yang melibatkan seluruh pejabat eselon II dan III dilingkup Pemkab Tubaba itu melalui tabungan di Bank BPRS Tani Tubaba, yang mana seluruh pejabat eselon II dan III menabungkan gaji ataupun Tunjangan Kinerja (Tukin) nya yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tubaba Novriwan Jaya, belum pernah dirinya mendengar di Indonesia ada seperti Gerakan Tubaba Berqurban. Sekda menambahkan bahwa, mungkin program ini yang pertama ada di Indonesia.

Dia menjelaskan, bahwa program tersebut telah dimulai di awal tahun lalu dan sudah sepatutnya para pejabat melakukan qurban di Kabupaten Tubaba.

“kita bekerja serta mengabdi di Kabupaten Tubaba, kita digaji oleh masyarakat Kabupaten Tubaba, sepatutnya kewajiban kita juga berqurban untuk masyarakat Kabupaten Tubaba, ” ujar Sekda.

Lanjut sekda, total dana yang terkumpul dari program tersebut berjumlah Rp. 469.800.000 digunakan untuk proses pembelian hewan qurban. Didapatkan seluruhnya 103 ekor kambing dan 8 ekor sapi.

“Saat ini seluruh tiyuh telah mendapatakan 1 ekor kambing, 15 ekor kambing disalurkan melalui Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Tubaba, lalu ada 8 ekor sapi yang juga disalurkan. 1 ekor sapi disalurkan melalui MUI Kabupaten Tubaba, 4 ekor sapi melalui Kantor Pemkab Tubaba, 1 ekor sapi disalurkan melalui Polres Tubaba, dan 2 ekor lainnya disalurkan melalui organisasi pers yang ada di Kabupaten Tubaba, ” ucap Sekda.

Sementara itu, Pj. Bupati Tubaba Zaidirina, mengungkapkan bahwa, kegiatan yang terlaksana dari inisiatif para pejabat tersebut menurutnya sangat istimewa.

Sebab, dengan terlaksananya program tersebut diharapkan mampu merasakan nikmatnya untuk saling berbagi.

“Dengan adanya manfaat yang kita rasakan dengan adanya program seperti ini mudah-mudahan ditahun berikutnya menjadi lebih berkembang dan lebih banyak lagi,” ungkap Pj. Bupati.

Dia berharap, program itu tidak hanya untuk pejabat eselon saja, namun bagi yang lainnya juga bisa turut berpartisipasi.

Sehingga Gerakan Tubaba berkorban ini bisa dijadikan momen kebersamaan kita semua untuk saling berbagi.

“Mungkin ada staf yang mempunyai penghasilan diluar yang lebih bisa ikut berpartisipasi juga. Dan diingatkan sekali lagi, bahwa kegiatan ini melibatkan ke ikhlasan dari diri kita masing-masing,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua MUI Kabupaten Tubaba, Sekda Tubaba, para asisten bupati, Staff alhi bupati, seluruh camat, seluruh kepala OPD, Direktur Utama BPRS Tani Tubaba.(*/yadi)