Serap Aspirasi Masyarakat, Ketua Komisi IV DPR RI Reses di Tanggamus
Spread the love

Lampungjaya.news, Kota Agung – Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin, melakukan reses di Kabupaten Tanggamus. Reses kali ini dilakukan Sudin, berkaitan dengan bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani dan penyuluh, serta penanganan pasca panen manggis.

Reses dilaksanakan di Rumah Dinas Ketua DPRD Tanggamus, Kotaagung Timur, Minggu (28/2/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan,
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jekvy Hendra, dan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung Abdul Roni Angkat.

Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan, mewakili Ketua Komisi IV DPR, Sudin, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kedatangan Ketua Komisi IV DPR-RI tersebut untuk memberikan edukasi dalam hal pengolahan manggis pasca panen.

“Hal itu dikarenakan pengolahan manggis pasca panen, sering kali tidak memperhatikan teknis pemetikan dan pengumpulan, sehingga sering kali merusak kualitas manggis dan berdampak pada penurunan nilai ekonomis.”

“Sementara manggis di Tanggamus berpotensi untuk dikembangkan, menjadi prioritas tambahan penghasilan untuk mensejahterakan petani kita, oleh karena itu peningkatan mutu melalui program penyuluhan ini, sangat penting sehingga kita mampu bersaing ditingkat nasional,” kata Heri.

Lalu tujuan lainnya, lanjut Heri, kedatangan Ketua Komisi IV DPR, yakni menyerap aspirasi kebutuhan dari para petani yang nantinya akan diajukan melalui proposal masing-masing kelompok. Terkait dengan kebutuhan alsintan maupun dari kelompok-kelompok wanita tani dari program lestari pangan nasional atau pekarangan lestari.

“Bantuannya bermacam-macam baik berupa bibit maupun alsintan, serta dana tunai seperti untuk kelompok wanita yang nantinya dipergunakan untuk pengembangan potensi pekarangan, yang akan ditanami untuk tanaman bermanfaat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung Abdul Roni Angkat, menyampaikan pihaknya mengapresiasi serta mensupport kegiatan bimbingan teknis yang diinisiasi oleh Ketua Komisi IV DPR-RI tersebut. Dimana menurutnya melalui bimtek tersebut persoalan tentang komoditas lokal serta lainnya akan bersama sama dicari jalan keluarnya, terlebih BPP Lampung dalam hal ini dibawah Koordinator dari Kementrian Pertanian harus mendukung secara maksimal setiap kegiatan pertanian

“Mudah mudahan dengan kegiatan bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh ini, kita dapat mewujudkan pertanian maju mandiri modern,” ujarnya.

Sementara Kepala BPTP Lampung Jekvy Hendra menambahkan, langkah awal BPTP telah memetakan komoditas kopi yang ada di Kabupaten Tanggamus. Dengan sinergitas yang baik antara Kabupaten, DPRD Provinsi serta dukungan dari Ketua Komisi IV DPR-RI ini, kedepannya pengembangan dunia pertanian di Kabupaten Tanggamus akan menjadi lebih baik lagi.

“Kami siap, mulai dari kesiapan benih, bibit serta inovasi inovasi yang memungkinan sampai dengan pasca panen, salah satu produk terbaru yang dimiliki oleh BPTP ialah crispy copy, insyallah tahun ini ada hak patennya, dan ini adalah merupakan karya putra putri Lampung, insyallah akan kita tingkatkan diwilayah-wilayah produksi kopi, tandasnya. (*/Rizal).