Tingkatkan Seni Budaya DiKabupaten Mesuji, Bupati Saply TH Hadiri Safari Budaya Bersama Tokoh Budaya Lampung
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Dalam Rangka Memotivasi Para Pecinta Kesenian Di Kabupaten Mesuji, Bupati Mesuji H.Saply TH menghadiri Safari Budaya Bersama Tokoh Tokoh Budaya Lampung di aula Pemda Mesuji, Rabu (09/02/2022).

Acara ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Ketua Dewan Kesenian Provinsi Lampung, Ketua Akademi Lampung, Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD pada lingkup Kabupaten Mesuji dan para calon seniman.

Bupati Mesuji Hi.Saply TH dalam sambutannya Mengatakan, “saya atas nama jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Mesuji” Terima kasih dan selamat datang kepada Ketua Akademi Lampung Bapak Ir.Anshori Djausal, MT serta Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Bapak Prof. Dr. Satria Bangsawan,SE.,M.Si. di Kabupaten Mesuji “Bumi Ragab Begawe Caram” Semoga safari Budaya ini dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi kami dan masyarakat Kabupaten Mesuji pada umumnya,” ungkap bupati.

“Dengan adanya Kegiatan ini kami berharap dapat dijadikan motivasi dan menjadi pemicu agar Dewan Kesenian di Kabupaten Mesuji dapat segera terbentuk, sehingga dapat memajukan Kesenian, Budaya dan para Penggiat Seni yang ada di Kabupaten Mesuji agar lebih terarah dan bermanfaat.

“Kebudayaan telah menjadi perhatian Pemerintah, hal ini dapat terlihat dari terbitnya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Atas dasar ini maka kami pandang perlu untuk dapat dibentuknya Dewan Kesenian di Kabupaten Mesuji.

Hal ini diperlukan untuk meningkatkan Produktifitas dan menumbuhkan bibit Seniman baru serta untuk mengoptimalkan Potensi Seniman Daerah”tutup bupati.

Dalam sambutannya Bapak Ir.Ansori Djausal.Mt Ketua dewan akademi kesenian ( Dak ) mengatakan, Mesuji adalah tantangan bagi kami, “saya mengajak seluruh OPD yang terkait agar kiranya dapat lebih meningkatkan seni dan seniman agar kedepannya bisa memacu lajunya dan kemajuan di bidang kesenian ini, pusat kesenian akademi Lampung ada di provinsi Lampung, mari bersama kita bangun.

Kesenian ini ada 7 macam lanjut Ansori, yang terdiri dari “seni tari, seni music,seni lukis, seni fotografi, seni budaya ,seni panggung, dan seni bela diri.

Jadi begitu lah kesenian ada 7 macam yang sedang mendunia, tinggal kita yang harus berusaha tumbuh kembang kan budaya seni ini ” paparnya.(rian)