Usianya Genap 15 Tahun, APBD Mesuji Naik Jadi Rp 1 Triliun
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Ada kado terindah untuk Kabupaten Mesuji di Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke 15, pasca di mekarkan pada tahun 2008 silam dari Kabupaten induknya Tulang Bawang. Dimana pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni tahun anggaran 2024 naik dari sebelumnya di tahun 2023 hanya berkisar di angka Rp. 883 Miliar naik menjadi Rp 1 Triliun 85 Miliar.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Mesuji Olpin Putra.SH.MH. Bahwa benar pagu APBD Mesuji mengalami kenaikan sebesar Rp 202 Miliar di usianya yang ke 15, dimasa kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs. Sulpakar.MM.

“Alhamdulillah setelah genap 15 tahun, Mesuji berdiri akhirnya APBD TA 2024 yang baru saja disepakati pada hari senin (27/11/2023) kemarin,”kata Olpin, Selasa (28/11/2023).

Dijelaskannya, pagu APBD Mesuji yang kini melewati angka Rp 1 Triliun atau tepatnya Rp. 1 Triliun 85 Miliar ini, jika dibandingkan dengan APBD TA 2023, yang hanya sebesar Rp 883 Miliar. Artinya ada kenaikan sebesar Rp. 202 Miliar.

“Kenaikan ini berasal dari dana Transfer pusat yaitu DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) dan DANA INSENTIF DAERAH (DID) reward atas capaian kinerja daerah yang dianggap baik oleh Pemerintah Pusat,”jelas Olpin.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua 1 Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mesuji Jhon Tanara.ST., yang juga membenarkan perihal kenaikan pagu APBD Murni Kabupaten Mesuji tahun anggaran 2024.

“Ya, betul pagi APBD kita naik dari angka sebelumnya hanya 800 miliar naik menjadi 1 triliun lebih dan sudah kita sepakati melalui rapat paripurna pengesahan APBD Murni TA 2024 kemarin,”singkat politisi partai PKB itu.

Terpisah Pj Bupati Mesuji Drs.Sulpakar.MM., kepada wartawan juga memastikan bahwa kabar tersebut benar adanya. Dengan telah disetujuinya Raperda tentang APBD Kabupaten Mesuji tahun Anggaran 2024. Selanjutnya akan diproses lebih lanjut untuk disampaikan kepada Gubernur selaku wakil Pemerintah Pusat untuk mendapat evaluasi dan mendapat nomor registrasi sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

“Semoga ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Mesuji, dan saya mengajak pimpinan dan anggota DPRD serta seluruh jajaran Perangkat Daerah di lingkup Pemerintahan Kabupaten Mesuji, untuk senantiasa menjaga integritas dan sinergitas dalam untuk membangun Mesuji yang kita cintai ini dengan Semangat ‘Bergerak Bersama, Maju Semua’,”ucap Sulpakar. (Ande)