Bupati Parosil Melepas Pawai Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak Kharisma
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, melepas pawai Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak Kharisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ke-8, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Liwa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, Rabu (13/07/2022).

Acara pawai budaya tersebut, dimulai tepat pukul 13.30 Wib, star dari Taman Kota Hamtebiu berjalan menuju ke Lapangan Merdeka Liwa, yang diikuti oleh 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat.

Dalam sambutannya Parosil Mabsus mengatakan, Festival Sekala Bekhak (FSB) merupakan ajang tahunan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, festival ini menjadi salah satu wujud misi Pemkab Lampung Barat yaitu menjadikan Kota liwa sebagai kota budaya.

Festival sekala bekhak, lanjut Parosil Mabsus, merupakan sajian budaya asli di Bumi Sekala Bekhak, bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat.

“Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak merupakan salah satu rangkaian dari perhelatan festival sekala bekhak, untuk tahun ini 2022 mengangkat tema sekura. Sekura merupakan kebudayaan yang asli di tanah ini, masyarakat Lampung Barat bangga bisa mempertahankan kebudayaan ini di tengah arus modernisasi,” kata Parosil Mabsus.

Sebab, kebudayaan sekura hanya ada di Lampung Barat dan didorong oleh tim kurator Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif untuk menjadi icon dari FSB serta menjadi salah satu poin besar untuk masuk dalam Calender Event Nasional.

“Majunya destinasi wisata karena dukungan dari sektor lain, sinergitas dan kerjasama yang baik antar para penggiat pariwisata Lampung Barat harus diutamakan, seni pertunjukan yang di dalamnya seni budaya daerah dipadukan dengan UMKM dan para penggiat ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Parosil Mabsus juga mengapresiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan baik dan meriah serta tercapai tujuan dari dihelatnya festival ini.

Kedepan dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung, FSB sudah 2 tahun masuk dalam Calender of Event Nasional, sangat diharapkan ada dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk bersama membesarkan perhelatan ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Ketua TP PKK Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Komarawati Mad Hasnurin, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyanto, Sekretaris Daerah Drs. Nukman, Kodim 0422/LB, Assisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Darah Lampung Barat, Camat dan Lurah serta Peratin.(*/ipung)