Wabup Pimpin Rapat Focus Group Discussion Efektifitas Pengelolaan APBK Tahun Anggaran 2019

Lampungjaya.net, Way Kanan- Wakil Bupati Edward Antony, didampingi Inspektur Yuliawati, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Rudi Joko Kurnaianto, memimpin Focus Group Discussion Efektifitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) Tahun Anggaran 2019 di Aula Bappeda Pemerintah Daerah Kabupaten ini, Senin (18/06/2019).

Pada rapat tersebut dihadiri oleh kepala dan unsur Inspektorat Daerah Kabupaten, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten, Camat se-Kabupaten Way Kanan serta Pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Way Kanan.

Menyampaikan arahannya, Wakil Bupati Edward Antony, mengatakan Bahwa perlu adanya kerjasama antara Inspektorat bekerjasama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah serta Camat dan perangkat kampung dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung agar dapat terlaksana dengan maksimal, tepat, efektif, efisien serta sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Perlu adanya kerja tim dalam pengefektifan pengelolaan APBK, baik ditingkat Kabupaten sampai dengan tingkat Kampung. Agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman baik aparatur maupun masyarakat. Mengingat masyarakat saat ini lebih aktif dalam mengawal proses Pemerintahan dan Aparaturnya,”terang Wakil Bupati Edward Antony.

Diketahui pada rapat tersebut terdapat beberapa pembahasan penting yaitu Mekanisme Perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK), Regulasi Keuangan Desa / Kampung, Memaksimalkan Peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Peran dan Fungsi Camat, Proses Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung, Penatausahaan Aset Kampung serta Mekanisme Pertanggungjawaban.(Indera)